Monday 6 April 2015

[Tips & Tricks] Skincare Routine for Night and Day

Hello <3 we meet again. Today I will share skincare routine tips and trick from morning to night. I also found some of them from Korean beauty show which usually works well. I also put some product example pictures which are popular in Korea and works great. I don't have all of them but i just want to show what are good for you to buy.

Halo <3 ketemu lagi. Hari ini aku mau share tips dan trik rutin skincare dari pagi hingga malam. Aku dapetin info2 ini beberapa dari beauty show yang populer di korea yang biasanya efektif. Aku juga sisipin beberapa contoh produk yang ngehits di korea dan bagus juga, jadi buat gambaran aja kalau kalian bingung harus beli produk apa.


First of all, I am sorry because this routine doesn’t really show what I use now. This blog will show you that there are ways to do skincare, well maybe not that much; but if I got another way I will inform you in later blog. Of course I will blog about my step by step skincare routine that suit combination skin (with all of products which i have and i use). But for today I really want to show you some happening skincare products and their tricks. So here we go.

Pertama-tama, aku minta maaf ya kalau rutin ini tidak menunjukkan produk-produk yang aku pakai. Blog ini hanya menunjukkan kalau ada beberapa cara dalam skincare yang mungkin kalian belum tahu apa fungsinya. Tentu nanti aku buat blog step by step skincare aku sendiri yang cocok untuk kulit kombinasi. Tapi untuk kali ini aku pingin banget menunjukkan skincare yang lagi happening banget dan trik-trik mereka (tenang, nanti aku update lagi di blog selanjutnya kalau ada tips lagi).



Morning
  • Cleanser
  • Now, you are awake and usually you wash your face with cleanser right? From a show I found out that you shouldn’t wash your face with cleanser in the morning. Some of you maybe already know that when we are sleeping at night, skin will restore itself. Then, if you wash your face in the morning what will happen to your face? Well the bad news is it will cleanse all the good stuff that will help restore your skin. So the solution is wash your face with water only (You’ve already wash your face with soap before sleep anyway so it won’t give problem). But if you feel nasty, go on and wash off with cleanser.

    Saat kamu bangun biasanya cuci muka dengan cleanser kan? Ternyata ya dari show yang aku lihat dikatakan kalau kita ga seharusnya mencuci muka kita saat pagi. Mungkin kalian tahu saat malam kulit kita melakukan restorasi. Nah berita buruknya bila kita mencuci muka kita pagi hari, semua hal-hal baik yang merestorasi kulit itu akan ikut hilang juga. Solusinya adalah sebaiknya kita mencuci muka dengan air saja (lagipula sebelum tidur kita sudah mencuci muka dengan cleanser jadi tidak apa-apa). Tapi kalau kamu tidak betah juga tidak diharuskan untuk mencuci muka dengan air saja, silahkan gunakan cleanser.
"Innisfree Green Tea Pure Cleansing Foam" for Dry/Combination skin
  • Toner
  • There are two ways to use toner. In one time you can put it in your hand, and apply it to your face. The other is put the toner on cotton swap and cleans your face thoroughly. For me, I like to use the first way for morning routine, I don’t need any cleansing much anyway in the morning. But when it is night you will want to cleanse your face from dust and dirt as clean as possible right? So that’s how I choose which way is the best for the time.

    Nah ada 2 cara dalam menggunakan toner. Pertama kalian bisa menuangkan toner ke tangan secukupnya dan diusap-usap ke wajah. Yang kedua kalian bisa menuangkan toner ke kapas dan diusap ke wajah untuk membuang bekas makeup atau noda dan debu. Untuk aku sendiri, aku suka menggunakan cara pertama untuk pagi hari karena tidak membutuhkan pembersih yang berlebihan. Jadi itu cara aku menentukan mana cara yang baik untuk waktu yang tepat.
"Innisfree Jeju Volcanic Pore Toner"
  • Emulsion
  • If you have dry skin, you’d probably want to moist your face. I would like to suggest using emulsion for morning (it is said that using emulsion help makeup stay better). Some people use serum in every routine but I just like to use serum for night (feel heavy for me before makeup in morning). So choose one which doesn’t make your skin oily unless you want it look moist. I think Korean now like to use even oil before makeup to create shiny look and looks moist. But for people who like matte makeup, try to find one which has light texture.

    Kalau kalian punya kondisi kulit kering, mungkin kalian ingin menambah moisturizer ke kulit sebelum melakukan makeup. Ada yang mengatakan kalau penggunaan moisturizer akan membantu makeup bertahan di wajah lebih lama. Beberapa orang menggunakan serum untuk setiap rutin. Namun untuk aku, aku engga suka menggunakan produk yang berat di bawah makeup. Jadi aku sarankan untuk menggunakan emulsion karena dia lebih ringan teksturnya. Untuk yang ingin kulit lebih lembab dan dewy boleh menggunakan serum bahkan oil (Karena dewy looks lagi tren di Korea, banyak yang menggunakan oil untuk melembabkan). Tapi untuk yang suka matte makeup disarankan untuk memakai produk ringan saja.
"Skinfood Peach Sake Emulsion"
  • Sunblock
  • This is optional but Korean like to use sunblock every day to protect their skin. Well I don’t really use it but it will do well for you if you wear it every day. It will protect your skin from any dust and UV. But if you don’t like too much layer in your makeup well you can use other solution (some BB cream already have spf in it, but please use it you're not in hurry).

    Ini sebenarnya opsional karena aku tau engga banyak yang mau pakai sunblock ya sebelum makeup karena berasa heavy banget. Sunblock sebenarnya penting banget untuk melingungi wajah dari paparan UV dan debu halus, jadi aku recommend kalian untuk pakai sunblock mulai dari sekarang. Kalau terburu-buru seengganya gunakan bb cream yang memiliki spf tinggi ya.
"Innisfree Eco Safety Perfect Sunblock"

Night/Evening
  • Makeup Remover
  • This is very important because you wouldn’t want that dirt and nasty germs to stuffed in your face for a long long time. Find oil remover or balm, both will help remove makeup easily. For a tip, if you remove makeup from your eyes don’t swipe hard. Actually you should let the cotton swap stays a bit for 3 minutes or more. It will remove much better than you swipe it hard. You don’t want your valuable eyelashes to pull off would you? So that’s the trick to prevent you have bald lashes.

    Ini paling penting dari semua rutin skincare yang ada selain cleanser. Kalian harus benar-benar membersihkan wajah kalian agar tidak ada pori-pori kulit yang tersumbat oleh makeup serta debu-debu yang menempel. Cari produk yang berbentuk oil remover atau balm, keduanya mampu membersihkan makeup dengan sangat baik. Sebagai tip, jangan usap keras-keras makeup mata kalian. Letakkan kapas dengan produk pada mata kalian yang tertutup. Tunggu 3 menit atau lebih lalu usap pelan-pelan dan makeup akan menempel pada kapas secara mudah. Ini solusinya agar bulu mata tidak ikut tercabut saat membersihkan makeup mata.
"Bioderma Makeup Remover"
  • Cleanser
  • This is the time which you want to clean your face deeply. Do it gently and don’t damage your skin. Make your cleanser foam first then use it for cleanser. Clean your face in circular motion slowly. Find which suit your skin so it will not drain your oil condition more badly plus it will moist your skin (I have prepare 2 product pictures which works for different skin condition). Wipe off the excess water with your towel, tap your face repeated times gently other than swipe it harshly.

    Ini juga rutin yang penting banget karena adanya debu atau kotoran yang tersisa di wajah bisa menyebabkan jerawat dan lain-lainnya itu. Buat busa dari cleanser baru digunakan untuk mencuci muka. Bersihkan dengan cara melakukan circular motion agar lebih bersih. Cari produk yang cocok dengan kondisi kulit agar tidak memperparah kondisi minyak yang ada pada wajah. Kalau mengeringkan wajah jangan menggunakan handuk secara kasar tapi lebih baik untuk menepuk-nepuk saja secara pelan dengan handuk.
"Skinfood Egg White Pore Foam" for Oily skin
  • Toner
  • Put some products into your cotton swap and swipe your face gently to remove all excess dirt and makeup. Some people think that toner sometimes not important because the cleanser will clean your face. That’s wrong, sometimes there are still leftover which the cleanser can’t clean it away. Buy toner guys, it is important! Find products that don’t contain too much alcohol or no alcohol at all.

    Tuangkan produk secukupnya ke kapas dan usapkan ke wajah secara pelan untuk membuang kotoran dan makeup yang tersisa pada wajah.  Beberapa orang kadang berpikir toner tidak penting karena cleanser sudah cukup. Itu salah karena kadang masih ada kotoran yang tersisa pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat. Beli toner ya karena penting untuk wajah. Cari toner yang tidak mengandung banyak alkohol atau yang tidak mengandung alkohol sama sekali.
"Innisfree Green Tea Pure Skin" 
  • Mask / Mask Sheet
  • Let’s spoil our skin now. There are many types of mask, but I like exfoliate mask and moisturizing one. Don’t exfoliate every day or it will damage your skin. Instead use it 2 times a week or 3. You didn’t need to use mask everyday but if you have tired skin, just spoil them with mask. Your skin will be thankful.

    Sekarang waktunya memanjakan kulit. Ada beberapa tipe masker, aku sendiri suka menggunakan exfoliate mask untuk membuang kulit mati atau yang melembabkan wajah. Jangan sering-sering menggunakan masker exfoliate agar kulit tidak rusak (kulit wajah kita sensitif jadi penting untuk tidak dilakukan secara berlebihan). Maksimal gunakan 2/3 kali seminggu. Silahkan gunakan masker yang sesuai pada kondisi kulit (misalnya lelah atau seperti apa). Kulit wajahmu akan berterima kasih. 
"Innisfree Mask Sheet"
"Skinfood Black Sugar Mask Wash Off"
"Etude Sheet Mask"
  • Serum
  • When you have scar serum will sting you a bit but it’s normal. Do you read my blog review of serum that I said it stings? Well actually a show said that it is normal to have little stings when you have scar. But here is a good tip; you can combine the serum with toner. Have a 2:1 mixture of toner and serum and it will not sting your skin again.

    Nah ada yang sudah baca blog aku mengenai serum (silahkan dilihat kalau belum)? Di situ aku menulis kalau serum tersebut bikin wajah aku perih saat kulit aku benar-benar kering dan mengelupas. Ternyata dari show dikatakan kalau ini wajar dan ada solusinya. Caranya buat perbandingan 2:1 antar toner dan serum, dan kulit kamu tidak akan perih lagi saat apply serum.
"Innisfree The Green Tea Essential Seed Serum"
  • Cream / Eye Cream
  • Optional, if you need more moisturizer products or any wrinkle products for eye. But I don’t recommend adding any excessive products for teenager. For me i'm not using any of them.

    Opsional kalau kalian membutuhkan moisturizer di sekitar mata. Tapi aku tidak sarankan buat yang remaja karena pemakaian skincare yang berlebihan malah merusak kondisi kulit yang sudah baik. Aku sendiri belum menggunakan produk-produk ini.
"Etude House Moistfull Super Collagen Eye Concentrate"
"Innisfree Eco Science Eye Cream"
  • Sleeping mask
  • Optional too but it will help moist your face much better over night <3. I suggest you to buy product which you didn’t need to wash off before sleeping since it will wake you up before sleeping which you wouldn’t want.

    Opsional tetapi sangat membantu melembabkan kulit dalam semalam saat tidur. Aku sarankan untuk membeli produk yang tidak perlu dicuci pada malam hari agar tidak terbangun saat ingin tidur.
"Laneige Water Sleeping Pack_EX"

This routine helps my face a lot. But the most important things are sleep at least 7 hours a day. Drink water at least 8 glass a day. Don’t forget to eat your veggies and fruits. I hope these routines and tips will help you at skincare. If you have other tips, go ahead, comment here and share it to us. Byee, see you later beauties at other blog <3

Rutin ini sangat membantu kulit wajahku. Tetapi yang paling penting adalah tidur minimal 7 jam sehari dan minum air sebanyak 8 gelas sehari. Jangan lupa untuk makan sayur dan buah. Aku harap rutin ini juga membantu kalian dalam skincare. Kalau kalian ada tips lain silahkan komen disini dan share ke kami. Byee, sampai jumpa lagi di blog selanjutnya <3

2 comments:

  1. Menurut aku, sunblock sebaiknya jangan di skip sih soalnya sun ray itu bahaya buat kulit, apalagi kalo terpapar cukup lama. Tapi setuju, kadang sunblock suka heavy yah :( Thank you banget tips nya <3 Ada beberapa yg aku baru denger (kayak jangan cuci muka pake sabun pagi2) hehe

    Tips tambahan dari aku : jangan over moisturize juga. Ini bisa bikin bruntusan/jerawatan di beberapa orang. Yang cukup2 aja ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa penting bgt sih sunblock, cuma kadang kebanyakan pakai bb cream dan bb cream itu sendiri ada spfnya dan mayan berat. Jadi mungkin banyak yang ngerasa heavy banget kalau ditambah sunblock lagi.

      Wah aku juga baru tau kalau over moist bisa bikin jerawatan. Biasa liat show disana itu mukanya moist banget kayak baby dengan perawatan yang over moist. Tapi bener itu balik lagi ke kulit masing-masing.

      Makasih banyak tipsnya, kalau ada lagi boleh di share disini <3 Semoga membantu juga walau tipsnya ga byk, nanti aku share2 lagi, sebenernya ada banyak banget wkwk

      Delete